Rahasia Cara Membuat Kopi Susu yang Nikmat ala Saya

Kopi susu adalah salah satu varian pilihan penyajian minuman kopi yang mulai ada sejak tahun 1980. Kopi susu saat ini sangat terkenal dan banyak digemari sebagai minuman favorit bagi para wanita. Meskipun sebagian besar pria lebih suka dengan kopi hitam, kopi susu juga tak kalah menarik untuk dicicipi. Apabila cara pembuatannya menggunakan takaran yang pas, kopi susu akan terasa sangat nikmat apalagi bila diminum hangat-hangat saat kondisi cuaca sedang dingin.

Cara Membuat Kopi Susu

Cara Membuat Kopi Susu

Meski rasanya sangat nikmat, banyak orang yang mengaku agak sedikit mual setelah meminum kopi susu. Ada pula yang berpendapat kopi susu rasanya kurang nendang, dan berbagai preperensi lainnya. Sejatinya semua anggapan perihal kopi susu tersebut di atas tidaklah salah. Kopi susu bila dibuat dengan cara dan komposisi yang tidak pas memang bisa menimbulkan hal-hal itu. Oleh karena itulah kami saat ini akan berbagi bagaimana caranya membuat kopi susu yang benar.

Untuk membuat kopi susu, beberapa bahan perlu disiapkan. Bahan tersebut antara lain 1 sendok makan kopi bubuk, 1 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan susu kental manis, 1 sendok teh krimer, setengah sendok teh bubuk coklat, dan 150 mL air panas bersuhu 80 derajat Celcius (air mendidih dibiarkan selama 1 menit).

Setelah bahan siap, kita bisa langsung membuat kopi susu dengan tahapan berikut:
Pertama, masukan kopi bubuk ke dalam gelas, lalu masukan pula gula pasir, kemudian barulah bubuk coklat. Urutan peletakan sangat mempengaruhi cita rasa kopi susu nantinya.
Kedua, masukan air panas ke dalam gelas secara perlahan melalui dinding gelas agar lapisan-lapisan bahan tidak terhambur. Air yang ada di bagian atas akan secara perlahan terimbibisi masuk ke dalam pori gula dan menyentuh kopi. Ini sangat mempengaruhi aroma kopi yang muncul dalam kopi susu.
Ketiga, biarkan sejenak hingga 15 detik agar imbibisi air berlangsung lebih lama. Baru kemudian tambahkan susu kental manis ke dalam gelas.
Keempat, aduk dengan merata hingga samua bahan tadi larut sempurna dalam air.
Agar lebih nikmat, tambahkan krimer di bagian atas kopi.
Kelima, pembuatan kopi susu selesai dan kopi susu siap disajikan atau diminum hangat-hangat.

Nah itulah cara membuat kopi susu yang selama ini saya lakukan. Saya merasa, kopi susu yang dibuat dengan tahapan cara di atas memang memiliki rasa yang berbeda dengan kopi susu yang dibuat secara asal-asalan. Jika tidak percaya, silakan coba sendiri di rumah Anda. :D