5 Tahapan Lengkap Cara Buat Kopi Luwak Sendiri

Kopi luwak adalah salah satu produk turunan biji kopi yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Kopi luwak diproduksi dengan memanfaatkan kebiasaan binatang luwak yang kerap memakan buah kopi kualitas terbaik langsung dari pohonnya. Luwak umumnya memakan buah kopi kualitas wahid kemudian mengeluarkan biji kopi bersama dengan proses buang air besar (eksresi). Biji kopi yang bercampur dengan kotoran (tinja) luwak kemudian dipilih dan dibersihkan kemudian digiling dan siap dihidangkan dan dikonsumsi. Biji kopi luwak secara tidak langsung terfermentasi dalam sistem pencernaan luwak. Hal inilah yang menyebabkan kopi luwak memiliki citarasa yang begitu nikmat. Berikut ini kita akan belajar bagaimana cara membuat kopi luwak sendiri dengan teknis yang sederhana.

Cara Buat Kopi Luwak Sendiri

Bahan dan Alat Pembuatan Kopi Luwak

Bahan yang dibutuhkan hanya buah kopi matang yang masih segar dan baru dipetik dari pohonnya. Sedangkan alat yang dibutuhkan antara lain luwak dewasa (sebagai alat utama untuk memproduksi biji kopi luwak), kandang luwak atau kurungan (sebagai alat untuk menjaga luwak agar tidak kabur), oven atau terpal (sebagai alat pengering), dan mesin penggiling kopi (sebagai alat untuk menjadikan biji kopi berbentuk bubuk dan siap diseduh).

Cara Buat Kopi Luwak Sendiri

Cara Buat Kopi Luwak

Cara membuat kopi luwak sebetulnya tidak begitu ribet. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memetik biji kopi tua yang sudah merah dan matang langsung dari pohonnya. Pekerjaan ini biasanya dilakukan secara bertahap tergantung dari jumlah luwak yang ada untuk memproduksi. Setelah biji kopi matang terkumpul,  biji tersebut kemudian diseleksi kembali. Biji kopi yang terserang hama bubuk buah, terserang jamur, atau yang masih belum masak sempurna dipisahkan dari buah kopi yang memenuhi syarat. Buah-buah tersebut jika masih tercampur dapat menyebabkan produktivitas luwak semakin kecil sehingga jumlah biji kopi luwak yang dihasilkan lebih sedikit.

Buah kopi yang sudah diseleksi kemudian dimasukan ke dalam kandang yang sudah berisi luwak-luwak dewasa. Luwak-luwak tersebut kemudian dipersilakan untuk memakan buah kopi kualitas wahid tadi. Mereka akan memilih buah kopi kualitas best of the best, pilihan dari yang dipilih. Buah kopi yang dikonsumsi akan terfermentasi di dalam sistem pencernaan luwak dengan bantuan enzim papain. Setelah maksimal 2 hari,luwak-luwak tersebut akan buang air besar dan tinjanya diambil. Tinja tersebut akan bercampur dengan biji kopi luwak tanpa kulitnya. Biji tersebut dipisahkan dari kotoran lainnya dengan cara dicuci dan diayak hingga benar-benar bersih.

Setelah dicuci bersih, biji kopi luak dijemur hingga kering atau dioven selama 8 jam pada suhu 60 derajat Celcius. Setelah kering, biji kopi luwak digiling menjadi bubuk kopi. Bubuk kopi tersebut siap diseduh dan dikonsumsi hangat-hangat. Mengkonsumsi kopi luwak sebaiknya dikonsumsi tanpa gula atau krimer agar citarasanya lebih kuat dan khas. Banyak para wisatawan berpendapat jika rasa kopi luwak mengalahkan citarasa kopi Arabica Supremo khas Kolombia atau Blue Mountain khas Jamaika.

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara buat kopi luwak sendiri? Silakan dicoba jika mungkin Anda dapat menyediakan alat dan bahannya. Jika Anda sudah bisa membuat kopi luwak sendiri, bukan tidak mungkin ini akan menjadi peluang bisnis baru bagi Anda untuk menambah penghasilan.