Kopi Gajah, Kopi Kotoran Gajah dari Thailand

Kepopuleran kopi luwak khas Indonesia di mancanegara nampaknya akan terganjal oleh hadirnya sebuah produk kopi olahan yang merupakan modifikasi sistem fermentasi khas luwak dari negeri gajah putih Thailand. Kopi tersebut adalah kopi gajah, dan ia kini menjadi kopi termahal yang ada di dunia mengalahkan kopi kotoran luwak yang lebih dulu ada. Penasaran dengan produk kopi gajah ini, simak uraiannya berikut:

Kopi Gajah, Kopi Kotoran Gajah dari Thailand

Mengenal Kopi Kotoran Gajah Thailand

Kopi gajah adalah kopi yang diolah dari biji kopi yang sudah melewati sistem pencernaan gajah. Kopi ini sengaja dibuat oleh Blak Dinkin –seorang investor kopi asal Kanada- setelah terinspirasi oleh proses pembuatan kopi luwak Indonesia. Kopi yang pula dikenal dengan nama Black Ivory ini sekarang telah mengalahkan rekor kopi termahal yang sebelumnya dipegang bertahun-tahun oleh kopi luwak khas Indonesia.

Keistimewaan Kopi Gajah

Kopi gajah dianggap memiliki nilai prestis yang lebih tinggi dibanding kopi luwak. Mungkin karena harganya yang jauh lebih mahal membuat orang-orang merasa lebih penasaran dengan kopi yang satu ini. Jika kopi luwak hanya dijual seharga Rp. 1.000.000 per kilogramnya, kopi gajah bisa menembus harga hingga Rp. 10.500.000 per kilogramnya.

Harga kopi gajah lebih mahal karena dalam pengolahannya membutuhkan bahan baku kopi segar yang lebih banyak untuk setiap jumlah produk yang sama. Bila pada kopi luwak, luwak hanya membutuhkan maksimal 2 kg kopi segar untuk memproduksi 1 kg kopi luwak, pada kopi gajah umtuk menghasilkan kopi gajah dengan jumlah yang sama, gajah memakan hingga 33 kg buah kopi segar.

Beberapa orang yang sudah mencicipi kopi gajah mengaku bila tekstur kopi ini sangat halus, aromanya seperti perpaduan aroma rempah, cokelat, dan bunga-bungaan.  Rasanya pun sangat nikmat seperti campuran susu cokelat dan kacang. Untuk saat ini kopi gajah hanya dapat di temui di hotel-hotel bintang lima di beberapa negara seperti Maladewa, Abu Dhabi, dan satu lagi tentunya di Thailand.

Kopi Gajah, Kopi Kotoran Gajah dari Thailand

Proses Pembuatan Kopi Gajah

Secara prinsip proses pembuatan kopi gajah black ivory tidaklah berbeda dengan proses pembuatan kopi luwak. Yang membedakan keduanya hanyalah media fermentasinya dan lama pembuatan. Kopi luwak hanya berada dalam sistem pencernaan luwak selama 6-8 jam sedangkan kopi gajah butuh waktu hingga 14 jam untuk mencerna buah kopi segar. Kopi gajah cenderung lebih murni karena diperoleh memang dari gajah-gajah liar yang ada di hutan sekitar Thailand. Pengumpulan kotoran gajahnya pun membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus mencari-carinya lebih dulu di semak belukar.

Nah, mungkin itu sekilas gambaran tentang kopi kotoran gajah khas thailand. Dari pemaparan tersebut nampaknya kopi gajah tidaklah akan mampu mengalahkan keistimewaan kopi luwak khas Indonesia.